AUDISI FILM KETIKA CINTA BERTASBIH MENGECEWAKAN…!!!


SAYA ADALAH SALAH SATU PESERTA AUDISI 5 BINTANG FILM KETIKA CINTA BERTASBIH DI SURABAYA YANG KEBETULAN ABIS IKUT AUDISI HARI SABTU KEMARIN TANGGAL 14 JUNI 2008 YANG AKAN MEMBEBERKAN SELURUH PROSES AUDISI YANG TELAH SAYA IKUTI TERMASUK DENGAN OPINI – OPINI DIBALIK ITU SEMUA.

PAGI ITU SAYA BERSIAP – SIAP BERANGKAT KE TEMPAT AUDISI YANG ADA DI JALAN KERTO MENANGGAL 1 NO 4 TEPATNYA DI GEDUNG MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR. BERHARI – HARI SEBELUMNYA SAYA UDAH MULAI MELAKUKAN PERSIAPAN BUAT AUDISI DIANTARANYA BACA – BACA LAGI NOVEL KETIKA CINTA BERTASBIH BAIK 1 MAUPUN 2 WALAUPUN SAYA SUDAH PERNAH MEMBACANYA SEBULAN YANG LALU KARENA SAYA DENGAR KABAR BAHWA NOVEL KETIKA CINTA BERTASBIH AKAN DIFILMKAN, JADI SAYA BERUSAHA MEMBACA NOVEL TERSEBUT WALAU DENGAN MEMINJAM DARI TEMAN. SELAIN ITU SAYA JUGA MELAKUKAN PERSIAPAN KOSTUM BUAT AUDISI YANG SESUAI DENGAN KARAKTER YANG AKAN SAYA PERANKAN, SAYA JUGA UDAH BROWSING DARI INTERNET MENGENAI FILM KETIKA CINTA BERTASBIH SEKALIGUS MENDAFTAR LEWAT ONLINE, BAHKAN SAYA JUGA MENCATAT SEMUA HALAMAN MENGENAI TOKOH ATAU KARAKTER YANG SAYA PERANKAN DARI NOVEL PERTAMA DAN KEDUA, DAN TIDAK HANYA ITU SAYA JUGA UDAH LATIHAN DENGAN MENCOBA BERDIALOG DENGAN KACA ATAU TEMBOK SEMUA DIALOG TOKOH YANG AKAN SAYA PERANKAN, DITAMBAH JUGA DENGAN BERLATIH MENJELASKAN MENGENAI KARAKTER YANG AKAN SAYA PERANKAN DAN RINGKASAN CERITA KETIKA CINTA BERTASBIH KARENA DARI BROWSING, SAYA TAHU KALO PADA SAAT AUDISI KETIKA CINTA BERTASBIH DI JAKARTA TEPATNYA DI SINEMART SEMUA PESERTA AUDISI DISURUH MENJELASKAN KARAKTER YANG AKAN MEREKA PERANKAN DI DEPAN KAMERA SELAMA 5 MENIT, MAKANYA SAYA MENCOBA UNTUK BERLATIH ITU SEMUA.

SETELAH PERSIAPAN SEMUA MATANG DAN SELESAI SAYA MULAI BERANGKAT DARI KOS TEPAT PUKUL 10 SIANG DENGAN MENGGUNAKAN PAKAIAN RAPI KEMEJA PUTIH BERSIH YANG MODIS DITAMBAH DENGAN CELANA JEANS PUTIH CASUAL PLUS SEPATU HITAM MERAH SPORTY DILENGKAPI DENGAN JAKET KEREN DAN TAS SELEMPANG ALA S2 YANG DI DALAMNYA BERISI 2 NOVEL KETIKA CINTA BERTASBIH, FOTO – FOTO DIRI, DAN SEDIKIT MAJALAH BUAT BACAAN.

DENGAN SEDIKIT PERJUANGAN AKHIRNYA SAMPAI JUGA DI TEMPAT AUDISI WALAU DENGAN TANYA SANA SINI UNTUK MENEMUKAN TEMPAT ITU DAN SAMPAI PADA PUKUL 11 SIANG. SETELAH SAMPAI SAYA LANGSUNG PARKIR MOTOR DI TEMPAT YANG TELAH DISEDIAKAN, SETELAH ITU SAYA TANYA KE TUKANG PARKIR DIMANA SAYA HARUS MENUJU, TERNYATA SAYA DISURUH LANGSUNG KE MEJA YANG ADA DI DEPAN GEDUNG MUHAMMADIYAH TERSEBUT UNTUK MELAKUKAN REGISTRASI ULANG DULU. SETELAH SAMPAI DI MEJA REGISTRASI SAYA DITANYA APA SUDAH DAFTAR LEWAT RADIO ATAU SECARA ONLINE, LANTAS SAYA JAWAB SAYA UDAH DAFTAR SECARA ONLINE DI INTERNET. SETELAH ITU SAYA DIBERI FORM YANG ISINYA MENGENAI SEMACAM KUISIONER MENGENAI FILM DAN NOVEL KETIKA CINTA BERTASBIH, ISI KUISIONER TERSEBUT ANTARA LAIN SEPERTI PERTANYAAN MENGENAI TOKOH MANA YANG DISUKAI, APA FILM KCB DIPRODUKSI DENGAN MENGGABUNGKAN NOVEL 1 DAN 2 ATAU DIPISAH MENJADI DWILOGI, KEJADIAN APA YANG INGIN SEKALI DIFILMKAN, TRUS JUGA SELAIN 5 TOKOH PENTING YANG DICARI APA ADA TOKOH LAIN YANG PENTING DIFILMKAN, DAN TERAKHIR APAKAH PESERTA MAU TETAP NONTON FILMNYA MESKIPUN TIDAK LOLOS AUDISI. SEMUA PERTANYAAN TERSEBUT SAYA JAWAB DENGAN BERBESAR HATI DAN MENGUTAMAKAN OBJEKTIFITAS.

SETELAH MENGISI KUISIONER SAYA LANGSUNG DIPERSILAKAN MASUK KEGEDUNG UNTUK PROSES SELANJUTNYA. MASUK DI GEDUNG LANGSUNG TERLIHAT ANTRIAN YANG MENURUT SAYA TIDAK BEGITU RAMAI BILA DIBANDINGKAN ANTRIAN – ANTRIAN AUDISI SEJENIS INI. ANTRIAN PADA PROSES PERTAMA ADALAH ANTRIAN MENYERAHKAN POLLING ATAU KUISIONER YANG TELAH KITA ISI TADI PLUS PEMBERIAN NOMOR URUT AUDISI. PADA ANTRIAN PERTAMA INI HANYA ADA KURANG LEBIH 10 ORANG YANG DIBAGI JADI 2 LAJUR, JADI NGGAK TERLALU LAMA NUNGGU. SETELAH SAYA SAMPAI PADA GILIRAN, SAYA MENYERAHKAN KUISIONER PLUS PRINT BUKTI PENDAFTARAN MELALUI INTERNET. SETELAH ITU SAYA DITANYA MENGENAI KARAKTER APA YANG SAYA PILIH, DAN SAYA MENJAWAB FURQAN. ADAPUN ALASAN YANG MELATARBELAKANGI SAYA MEMILIH KARAKTER FURQAN KARENA SAYA MERASA ADA KESAMAAN SIFAT DENGAN FURQAN YAITU SUKA HIDUP BERMEWAH – MEWAH, CERDAS DAN PINTAR ALIMNYA SETENGAH – SETENGAH (KADANG ALIM KADANG JUGA LUPA DENGAN ALLAH), KADANG EGOIS, PUNYA PERCAYA DIRI TINGGI YANG TERKADANG BISA TERLIHAT SOMBONG, JADI KALAU SEMISAL DAPET PERAN SEBAGAI FURQAN, SAYA TIDAK MENGALAMI KESULITAN. SELAIN ITU SECARA FISIKLY SAYA JUGA COCOK DENGAN KARAKTER SEORANG FURQAN, KARENA SAYA SESEORANG YANG BERKULIT PUTIH NON INDO, LUMAYAN CAKEP (INSYA ALLAH) DAN MEMILIKI FACE STANDAR ORANG KAYA (WALAUPUN SAYA TIDAK SE-KAYA SEORANG FURQAN).

SETELAH PROSES PERTAMA SELESAI, SAYA DIBERI NOMOR URUT AUDISI YAITU 170. DARI PANTAUAN SAYA JUMLAH PESERTA YANG MENDAFTAR PADA HARI ITU KURANG LEBIH SEKITAR 200 PESERTA. SETELAH ITU SAYA DIPERSILAKAN MENUNGGU DI TEMPAT YANG TELAH DISEDIAKAN UNTUK MENUNGGU PROSES BERIKUTNYA. TERLIHAT DARI TEMPAT SAYA MENUNGGU, PARA PESERTA YANG IKUT KEBANYAKAN BERJENIS KELAMIN PEREMPUAN DAN SEBAGIAN BESAR BERKERUDUNG, SEDANGKAN UNTUK PESERTA LAKI – LAKI JUMLAHNYA TIDAK LEBIH DARI SETENGAH JUMLAH LAKI – LAKI. ATAU BISA DIBILANG JUMLAH PESERTANYA 1/3 LAKI – LAKI DAN 2/3 NYA ADALAH PEREMPUAN. SECARA PENAMPILAN PARA PESERTA, YANG LAKI – LAKI SEBAGIAN BESAR TAMPIL BIASA DAN APA ADANYA, SEBAGIAN LAGI MEMAKAI BAJU TAQWA. SEDANGKAN YANG PEREMPUAN, SEBAGIAN BESAR DARI MEREKA TAMPIL SEPERTI BIASA SEHARI – HARI, WALAUPUN ADA JUGA YANG TAMPIL MODIS LAYAKNYA MODEL. SECARA TAMPANG RATA – RATA, PESERTA CEWEK LEBIH MENONJOL, SEDANGKAN YANG COWOK BANYAK YANG BIASA WALAUPUN JUGA ADA YANG CAKEP. DARI SEPENGLIHATAN SAYA,  BANYAK JUGA PESERTA YANG BERTAMPANG INDO SEPERTI FACE TIMUR TENGAH, MULAI DARI TAMPANG ARAB SAMPAI TAMPANG AFRIKA DAN SEPERTINYA MEREKA SUDAH SALING KENAL SEBELUMNYA, SEPERTI ADA HUBUNGAN DARAH ATAU KELUARGA DIANTARA MEREKA.

DARI ANTRIAN KEDUA AKAN DIPANGGIL 10 ORANG TIAP SESI UNTUK MENUJU PROSES SELANJUTNYA. SETELAH SEKIAN LAMA MENUNGGU KURANG LEBIH SETENGAH JAM AKHIRNYA NOMOR 161 SAMPAI 170 DIPANGGIL UNTUK PROSES SELANJUTNYA. SEKETIKA ITU 10 ORANG TERSEBUT DIGIRING MENUJU KE LANTAI 3 DARI GEDUNG TERSEBUT DAN DIPERSILAKAN MASUK KE SEBUAH RUANGAN ATAU LEBIH TEPATNYA AULA TEMPAT SEMINAR KARENA TEMPATNYA YANG CUKUP LUAS. TERNYATA DISANA MASIH ADA PULUHAN PESERTA SEBELUMNYA DARI URUTAN 101-130, 131- 160. PERTAMA MASUK DIRUANGAN TERSEBUT TERLIHAT PESERTA URUTAN 101 – 130 YANG DIBAGI MENJADI 3 KELOMPOK YAITU 101-110,111-120,DAN 121 – 130 BERADA DI DEPAN DUDUK DILANTAI DAN MEMBENTUK LINGKARAN BERSEPULUH. SEDANGKAN NOMOR 131 – 160 DUDUK DI KURSI YANG TELAH TERSEDIA YANG BERBARIS – BARIS DAN TIAP BARIS ADA 10 KURSI, JADI 10 ORANG YANG TELAH DIPANGGIL TADI MENEMPATI KURSI PADA SATU BARIS.

SETELAH KITA BERSEPULUH DUDUK, ADA 2 ORANG SEPERTI MC SEBUAH ACARA YANG MEMBERIKAN PENJELASAN KEPADA YANG MASIH DUDUK DI KURSI MENGENAI PROSES AUDISI SELANJUTNYA. MEREKA MENJELASKAN BAHWA PROSES AUDISI SELANJUTNYA ADALAH KITA AKAN DIKELOMPOKKAN BERSEPULUH UNTUK MENJADI 1 KELOMPOK YANG AKAN DIBERI SEBUAH SKENARIO UNTUK DIMAINKAN DI DEPAN PARA JURI. TIAP KELOMPOK DIBERI WAKTU 3 MENIT UNTUK MEMPERAGAKAN SKENARIO TERSEBUT. KITA AKAN DINILAI SECARA INDIVIDU WALAUPUN TAMPILNYA BERKELOMPOK UNTUK SELANJUTNYA DIPILIH 5 ORANG UNTUK MENGIKUTI PROSES AUDISI SELANJUTNYA. APABILA KITA TELAH TERPILIH PADA TAHAP YANG PERTAMA, KITA AKAN MENGHADAPI PROSES SELANJUTNYA YAITU KITA AKAN MEMERANKAN KARAKTER YANG KITA PILIH DIAWAL TADI, SETELAH ITU APABILA KITA TELAH LOLOS TAHAP KEDUA MAKA KITA AKAN DILATIH DAN DIBIMBING UNTUK BISA AKTING DAN MEMERANKAN TOKOH TERSEBUT. MEREKA JUGA MENYEBUTKAN BAHWA JURI PADA PROSES YANG  PERTAMA BERASAL DARI SINEMART, SEDANGKAN JURI PADA PROSES YANG KEDUA BARU BERASAL DARI TIM KETIKA CINTA BERTASBIH.

SETELAH MEREKA MENJELASKAN PANJANG LEBAR MENGENAI ATURAN MAINNYA, MEREKA LANGSUNG MEMBAGIKAN SKENARIO YANG HARUS DIMAINKAN OLEH KITA BERSEPULUH. SETELAH KITA SATU KELOMPOK MELIHAT SKENARIONYA TERNYATA SCENE YANG HARUS KITA MAINKAN ADALAH SEPERTI INI, KITA BERSEPULUH SEDANG MELAKUKAN PERJALANAN KE GUNUNG, NAMUN DITENGAH PERJALANAN KITA DENGAR SUARA HARIMAU YANG AKHIRNYA MUNCUL DI DEPAN KITA, KONFLIK YANG DIBERIKAN ADALAH MASING – MASING DARI 10 ORANG MEMBERIKAN REAKSI YANG BERBEDA SESUAI DENGAN KARAKTER MASING – MASING, DIANTARANYA ADA YANG MENANGIS, ADA YANG CUEK, ADA YANG SOK BERANI, ADA YANG MENDRAMATISIR KEADAAN, DAN ADA YANG TENANG. SETELAH ITU KITA BERSEPULUH BERLARIAN TERBAGI MENJADI 2 KELOMPOK YANG AKHIRNYA SALING MENYALAHKAN. SETELAH MEMBACA SKENARIONYA KITA DIBERI WAKTU UNTUK BERDISKUSI DAN LATIHAN. DARI KESEPULUH ORANG TIM KITA, TERNYATA SAYA YANG BISA MENGKOORDINIR MEREKA SEMUA DAN MEMBAGI JOB DISK MASING – MASING, SAYA JUGA YANG MEMBERI ARAHAN MEREKA MENGENAI ALUR CERITA YANG DINGINKAN, BAHKAN SERING JUGA MEMBERI CONTOH PADA MEREKA MENGENAI AKTING YANG HARUS MEREKA PERAGAKAN. SETELAH KURANG LEBIH 5 MENIT KITA BERDISKUSI DAN MEMBAGI MENJADI BEBERAPA KARAKTER YANG HARUS DIMAINKAN, BARU KITA MEMPRAKTEKKAN. PADA PERCOBAAN PERTAMA TERNYATA GAGAL DAN BERANTAKAN, UNTUK KEDUA SAMPAI KE EMPAT KALINYA JUGA MASIH GAGAL, NAMUN SAMPAI PERCOBAAN YANG KE 5 BARU AGAK LUMAYAN HASILNYA.

SETELAH KURANG LEBIH SETENGAH JAM, PESERTA DENGAN NO URUT 131 – 170 DIPERSILAHKAN MENUJU PROSES SELANJUTNYA YAITU DISURUH TURUN KE LANTAI 2 UNTUK MENUNGGU AUDISI PADA TAHAP 1 DI DEPAN PARA JURI. PADA SAAT KITA MENUNGGU GILIRAN UNTUK TAMPIL DI DEPAN PARA JURI, KITA BISA MELIHAT KELOMPOK SEBELUM KITA TAMPIL DI DEPAN JURI KARENA DI RUANGAN ITU DISEDIAKAN LCD UNTUK MENAMPILKAN APA YANG TERJADI DI RUANG JURI. DARI SITU TERLIHAT MASING2 PESERTA MENUNJUKKAN KEBOLEHANNYA DAN DIAKHIRI DENGAN KEPUTUSAN JURI YANG DIBERIKAN PADA SAAT ITU JUGA. DARI PANTAUAN SAYA TIAP KELOMPOK TERNYATA BERBEDA – BEDA JUMLAH YANG LOLOS UNTUK MASUK TAHAP SELANJUTNYA, ADA YANG LOLOS 3,4 ATAU 5 DARI TIAP KELOMPOK, PADAHAL SEBELUMNYA DIJELASKAN OLEH KEDUA MC TERSEBUT BAHWA AKAN DIAMBIL 5 TIAP KELOMPOK. NAMUN, SAYA TIDAK MEMPEDULIKAN HAL ITU, KARENA DARI AWAL DIBENTUK KELOMPOK SAYA YAKIN SEKALI KALAU BERAPAPUN YANG DIAMBIL SAYA PASTI DITERIMA, KARENA SAYA MENGGUNAKAN TEORI SEBAB AKIBAT SEPERTI TEORI YANG DITERAPKAN FURQAN. SETELAH SETENGAH JAM MENUNGGU AKHIRNYA KELOMPOK BER NOMOR URUT 161-170 YAITU KELOMPOK SAYA DIPANGGIL, AKHIRNYA DENGAN JANTUNG BERDEGUP KENCANG AKHIRNYA KITA SAMPAI DI RUANG JURI. SETIBA DI RUANG JURI YANG BERJUMLAH 3 ORANG, KITA DISURUH BERBARIS SESUAI NOMOR URUT DARI KANAN KE KIRI, DAN SAYA BERADA DI PALING KIRI DEKAT PINTU MASUK RUANGAN TERSEBUT KARENA BERNOMOR PALING AKHIR YAITU 170. SETELAH ITU DIBERI ARAHAN YANG INTINYA ADALAH KITA DISURUH AKTING SEPERTI DI SKENARIO SELAMA 3 MENIT DAN PENILAIAN DILAKUKAN SECARA PER INDIVIDU DAN BUKAN DILIHAT DARI KEHEBOHAN AKTINGNYA. SETELAH ITU KITA DISURUH MELETAKKAN TAS DAN BARANG BAWAAN KITA DI DEPAN PINTU, BELUM SELESEI MELETAKKAN TAS DAN BERSIAP – SIAP SALAH SEORANG JURI ADA YANG MENGATAKAN “ACTION!!”, AKHIRNYA DENGAN PERSIAPAN SEADANYA KITA LANGSUNG MEMAINKAN DRAMA TERSEBUT, DAN BARU SAMPAI ADEGAN MENDENGAR SUARA HARIMAU BELUM SEMPAT MENUNJUKKAN KARAKTER MENANGIS, SOK BERANI, ATAU PUN MENDRAMATISIR KEADAAN SEPERTI DALAM SKENARIO, ADA SUARA YANG MENGATAKAN “CUKUP!!! SUDAH HABIS WAKTUNYA”, KEMUDIAN MENGATAKAN “SEBENTAR KAN 3 MENIT ITU?!?!!?”. KITA BERSEPULUH HANYA BISA TERSENYUM KAGET DAN PASRAH MENDENGAR ITU. KEMUDIAN KITA BERSEPULUH DISURUH MENINGGALKAN RUANG JURI UNTUK MENUJU RUANG KOSONG TEMPAT MEMBERIKAN KEPUTUSAN MENGENAI SIAPA YANG LOLOS TAHAP PERTAMA. SAMBIL MENUNGGU KEPUTUSAN JURI, KITA BERSEPULUH SALING BERKOMENTAR TENTANG APA YANG TERJADI DI RUANG JURI, DAN KITA BERSEPULUH KITA BENER – BENER NGGAK NYANGKA BANGET KALO SECEPAT ITU WAKTUNYA, SEPENGETAHUAN SAYA YANG NGGAK MELIHAT JAM ATAU MENGUKUR PAKE STOPWATCH WAKTU KITA TAMPIL CUMAN SEKITAR 1 SAMPE 2 MENIT DAN TERNYATA KESEPULUH ORANG ITU MEMANG SEPAKAT DENGAN HAL ITU, PADAHAL SEBELUM TAMPIL JELAS – JELAS JURI MENGATAKAN KALO KITA DIBERI WAKTU 3 MENIT.

TAPI APALAH KITA INI YANG HANYA PESERTA BIASA, HARUS MENERIMA APAPUN KEPUTUSAN JURI. SETELAH 5 MENIT MENUNGGU AKHIRNYA ADA SESEORANG YANG MASUK RUANGAN DAN MENJELASKAN BAHWA APAPUN KEPUTUSAN JURI HARUS KITA TERIMA DENGAN LAPANG DADA DAN MENJELASKAN BAHWA DITANGANNYA ADA 10 AMPLOP YANG BERISI KERTAS YANG BERWARNA, APABILA KITA DAPAT KERTAS BERWARNA HIJAU BERARTI KITA LOLOS TAPI KALO BERWARNA PUTIH BERARTI KITA TIDAK LOLOS. KEMUDIAN DIBAGIKAN KE MASING – MASING PESERTA. DAN SETELAH SAYA MENERIMA SEBUAH KERTAS DAN SAYA LIHAT TERNYATA SAYA MENDAPATKAN KERTAS PUTIH YANG BERARTI SAYA TIDAK LOLOS PADA TAHAP PERTAMA. SETELAH ITU SAYA LIHAT TEMAN – TEMAN SATU KELOMPOK SAYA, TERNYATA DARI 10 ORANG KELOMPOKKU HANYA 1 YANG MENDAPAT KERTAS HIJAU YANG BERARTI LOLOS, YAITU SEORANG CEWEK BERJILBAB PINK YANG BERWAJAH CANTIK. SELAIN ITU JIKA DITILIK DARI BELAKANG, DARI KELOMPOK – KELOMPOK SEBELUM KITA, PESERTA YANG LOLOS DIANTARANYA KALO CEWEK, SEMUA CEWEK ITU BERWAJAH CANTIK, BAHKAN SEBAGIAN BESAR YANG DITERIMA BERWAJAH INDO SEPERTI WAJAH ARAB DAN MESIR, SEDANGKAN UNTUK COWOK, COWOK YANG CAKEP DAN BERWAJAH TIMUR TENGAH, WALAUPUN JUGA ADA YANG BERWAJAH BIASA, TINGGI, DAN BERUSIA 27/28AN, UDAH LOLOS SAMPAI TAHAP 2 DAN SUDAH DAPAT TIKET EMAS, TERNYATA DIA SUDAH BERISTRI DAN PUNYA ANAK 1. KALAU PESERTA COWOK YANG ITU MEMANG LAYAK DAPAT TIKET EMAS ITU SOALNYA DIA BENAR – BENAR MEMILIKI SOSOK SEPERTI PERAN UTAMA DI NOVEL TERSEBUT YAITU AZZAM.

SETELAH MENDAPATKAN HASIL KEPUTUSAN JURI TERSEBUT, KITA BER SEMBILAN YANG TIDAK LOLOS KELUAR RUANGAN, DAN SEBELUM MENINGGALKAN GEDUNG KITA DIBERI MAJALAH ISLAMI DAN SERTIFIKAT TELAH MENGIKUTI AUDISI INI YANG DITANDATANGANI LANGSUNG OLEH HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY, DIDI PETET, NENO WARISMAN, DAN SATU LAGI KALO NGGA SALAH PIMPINAN SINEMART. SETELAH ITU SAYA MENUJU PARKIRAN UNTUK MENGAMBIL MOTOR LANTAS PULANG.

SAYA SUNGGUH KECEWA DENGAN AUDISI 5 BINTANG FILM KETIKA CINTA BERTASBIH. KEKECEWAAN INI BUKAN KARENA SAYA TERMASUK ORANG YANG TIDAK LOLOS TAPI SAYA BENER – BENER KECEWA SECARA OBJEKTIF. KEKECEWAAN SAYA BUKAN SETELAH KEPUTUSAN JURI YANG MENGATAKAN BAHWA SAYA TIDAK LOLOS, AKAN TETAPI DARI AWAL MASUK RUANGAN LANTAI 3 SETELAH DIJELASKAN MENGENAI PROSES AUDISI YANG AKAN KITA JALANI. KEKECEWAAN SAYA DIANTARANYA ADALAH :

PERTAMA, DARI SEGI PROSES AUDISI, AUDISI SEPERTI ITU TAK LAIN SAMA PERSIS SEPERTI AUDISI ATAU CASTING – CASTING FILM SEJENIS LAINNYA. PADAHAL DIGEMBOR-GEMBORKAN BAHWA AUDISI INI TIDAK SEPERTI AUDISI YANG LAIN, AUDISI YANG BERBEDA, AUDISI YANG MENGUTAMAKAN ISLAMI DAN AUDISI YANG BENAR – BENAR MENCARI SOSOK AZZAM YANG ALIM. TAPI KENYATAANYA.,.,.

KEDUA, DARI SEGI TAHAP AUDISI YANG PERTAMA, KENAPA PENYARINGANNYA SEPERTI ITU.,.,KITA DISURUH AKTING DENGAN SKENARIO YANG JELAS TIDAK ADA DALAM NOVEL KETIKA CINTA BERTASBIH.,.,DAN JELAS – JELAS DISEBUTKAN DI WEBSITE FILM KETIKA CINTA BERTASBIH BAHWA YANG PALING PENTING DISINI ADALAH MEMAHAMI ISI NOVEL DAN BISA MEMBACA AL-QUR’AN, BAHKAN DISEBUTKAN DI PERSYARATAN PENDAFTARAN KAN.,.,TAPI KENAPA PENYARINGAN PERTAMA MALAH YANG SEPERTI ITU.,.,YANG HANYA MELIHAT AKTING PESERTA,.,

KETIGA, KALO PUN MELIHAT DARI SEGI AKTING, APA BISA VALID KEPUTUSAN JURI DENGAN HANYA MELIHAT AKTING SECARA BERKELOMPOK HANYA 3 MENIT.,.,APA BENAR – BENAR BISA MELIHAT SESEORANG YANG PUNYA KETERAMPILAN AKTING YANG BAGUS DENGAN MELIHAT SEKILAS AKTING SELAMA 3 MENIT.,.,BERKELOMPOK LAGI.,.,

KEEMPAT, KALO PUN JUGA BISA DILIHAT DALAM 3 MENIT, NAMUN DALAM KENYATAANNYA KITA CUMAN DIBERI KESEMPATAN TAMPIL KURANG DARI 2 MENIT, SEPERTI YANG TERJADI PADA KELOMPOK SAYA.,.,SAMPAI2 KESEPULUH ORANG INI BELUM SEMPAT MENAMPILKAN KARAKTER DARI MASING – MASING PERAN YANG DIBAWAKAN.,.,

KELIMA, DAN KALO PUN TETEP BISA, PADA KENYATAANYA SAYA MERASAKAN SENDIRI BAHWA KESEPULUH ORANG INI BERAKTING DENGAN SAMA – SAMA BAGUS DAN TIDAK ADA YANG LEBIH UNGGUL, TAPI KENAPA HANYA 1 ORANG CEWEK BERJILBAB YANG CANTIK YANG DIPILIH.,.,

KEENAM, KENAPA PADA PENYARINGAN PERTAMA TIDAK DISURUH MENJELASKAN SAJA MENGENAI KARAKTER PERAN YANG AKAN DIMAINKAN, ATAU DISURUH MENYEBUTKAN INTISARI DAN CERITA RINGKAS NOVEL KETIKA CINTA BERTASBIH, ATAU MEMBACA AL-QUR’AN YANG JELAS – JELAS MENJADI PERSYARATAN PENDAFTARAN, BIAR KETAHUAN MANA YANG SUDAH MEMBACA NOVELNYA ATAU BELUM DAN MANA ORANG – ORANG YANG BENAR – BENAR TAHU, FAHAM, DAN MENGERTI SOSOK YANG AKAN DIPERANKAN, DITAMBAH JUGA DISURUH BACA AL QUR’AN BIAR KETAHUAN MANA YANG SERING BACA AL QUR’AN MANA YANG JARANG ATAU BAHKAN NGGAK PERNAH BACA AL QUR’AN

KETUJUH, KATANYA FILM KETIKA CINTA BERTASBIH TIDAK SAMA DENGAN FILM AYAT – AYAT CINTA YANG TERNYATA TIDAK SESUAI DENGAN NOVEL, TAPI KALO PENCARIAN DAN SELEKSI PESERTANYA SAJA SEPERTI INI, APA TIDAK SAMA,.,.KALO DARI PENYARINGAN PERTAMANNYA SAJA SEPERTI ITU, GIMANA KITA BISA MENDAPATKAN SOSOK SEORANG AZZAM YANG TEPAT.,.,GIMANA KALO SEORANG AZZAM TERNYATA DIDAPATKAN DARI SESEORANG YANG KURANG BISA AKTING, TAPI DIA BENAR – BENAR FAHAM AKAN SOSOK AZZAM DAN MENGERTI INTI DARI APA YANG DISAMPAIKAN KETIKA CINTA BERTASBIH?!?! BAHKAN DIA BENAR – BENAR BISA MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN BAIK.,.,MASALAH KETERAMPILAN AKTING KAN BISA DIASAH DAN DIAJARI SETELAHNYA.,.,, TOH SETELAH TAHAP KEDUA LOLOS KAN AKAN DIBIMBING DAN DILATIH AKTING.,.,.APA LEBIH PENTING BISA AKTING KETIMBANG MEMAHAMI KARAKTERNYA,.,.KALO SEPERTI ITU YANG DIINGINKAN, SAMA HALNYA YANG TERJADI DI AYAT – AYAT CINTA.,.,BAHKAN YANG LEBIH PARAH ADALAH SAYA PERNAH MENANYAI LANGSUNG TEMEN – TEMEN YANG IKUT AUDISI, BANYAK DIANTARA MEREKA YANG BELUM PERNAH MEMBACA NOVELNYA, BAHKAN TIDAK TAHU SIFAT DARI KARAKTER YANG DIPILIHNYA,.,.,DAN SAYA YAKIN NGGAK SEMUA YANG DAFTAR DAN LOLOS ITU LANCAR MEMBACA AL QUR’ANNYA.,.

KEDELAPAN, YANG LEBIH MENGIRIS HATI ADALAH MELIHAT PESERTA YANG LOLOS DARI TAHAP SATU YANG KEBANYAKAN MEMILIKI WAJAH CANTIK DAN MEMILIKI DARAH INDO ARAB ATAU MESIR, SANGATLAH TIDAK MASUK AKAL.,.,.KALO EMANG DILIHAT DARI SEGI AKTING, SAYA MELIHAT SENDIRI KALO AKTING MEREKA JUGA BIASA AJA, STANDART SEPERTI YANG LAIN, TAPI KENAPA MEREKA YANG DIPILIH.,.,SELAIN ITU BUKANKAH DALAM NOVEL KETIKA CINTA BERTASBIH SEMUA TOKOH – TOKOHNYA BERASAL DARI ORANG INDONESIA ASLI.,.,APALGI AZZAM DAN HUSNA YANG JELAS – JELAS ORANG JAWA TENGAH YANG MEMILIKI WAJAH YANG PAS – PASAN DENGAN KULIT SAWO MATANG.,.,TAPI KENAPA YANG LOLOS DAN YANG DIPILIH MALAH ORANG – ORANG YANG BERWAJAH INDO ARAB DAN MESIR.,.,ASTAGHFIRULLAH.,.,SAYA BENAR – BENAR NGGAK HABIS PIKIR SAMA JURI DAN TIM SELEKSI FILM KCB INI.,.,.

DARI KEDELAPAN POIN DIATAS, SAYA BENAR – BENAR KECEWA DENGAN PENCARIAN 5 TOKOH FILM KETIKA CINTA BERTASBIH INI, WALAUPUN ADA YANG MEMBUAT SAYA KAGUM DENGAN AUDISI INI DIMANA KITA YANG TELAH IKUT AUDISI DIBERI SERTIFIKAT TELAH MENGIKUTI AUDISI INI SEBAGAI TANDA PENGHORMATAN UNTUK KITA YANG IKUT BERPARTISIPASI. SAYA BENAR – BENAR SALUT DENGAN HAL ITU. SAYA BERHARAP INI TIDAK TERJADI DI KOTA – KOTA LAIN AUDISI INI SEPERTI MEDAN, PONTIANAK, BANDUNG, JABODETABEK, DAN LAINNYA, SEMOGA CUMAN TERJADI DI SURABAYA SAJA, KARENA APABILA PROSES AUDISI TETAP SEPERTI INI, MAKA HASILNYA NANTI AKAN SEPERTI FILM AYAT – AYAT CINTA. PADAHAL KITA SEMUA BERHARAP BAHWA KITA AKAN MENEMUKAN SOSOK SEORANG AZZAM YANG BENAR – BENAR ALIM, SANTUN, BISA MEMBACA AL-QUR’AN, BAIK, PUNYA PENDIRIAN, TANGGUNG JAWAB, DLL.

NAMUN APABILA TIM AUDISI TETAP MEMPERTAHANKAN SISTEM SELEKSI YANG SEPERTI INI, SAYA SARANKAN BAGI SEMUA YANG INGIN IKUT AUDISI, NGGAK PERLU BACA NOVELNYA, NGGAK PERLU BISA BACA AL-QUR’AN, YANG PENTING PUNYA WAJAH CAKEP DAN CANTIK APALAGI BERWAJAH INDO, DAFTAR AJA.,.,PASTI DITERIMA KOK.,.,PARA ARTIS JUGA DAFTAR AJA, PASTI DITERIMA, KALIAN KAN KEREN – KEREN.,..,.,.,.,,DAN BUAT YANG BERWAJAH PAS – PASAN DAN NANGGUNG KAYAK SAYA, JELEK NGGAK CAKEP JUGA BIASA AJA,.,., SAYA SARANKAN NGGAK USAH DAFTAR, NGGAK BAKAL DITERIMA,.,., MESKIPUN KALIAN UDAH PERNAH BACA NOVELNYA BAHKAN RATUSAN KALI SAMPE HAFAL NOVELNYA DAN FASIH BACA AL-QUR’AN.,.,DARIPADA CAPEK – CAPEK BUANG TENAGA DAN WAKTU.,.,MENDING PIKIR DULU 1000 KALI SEBELUM MENDAFTAR.,.,

UNTUK SEMUANYA SAYA BENAR – BENAR MOHON MAAF APABILA ADA YANG TERSINGGUNG DENGAN OPINI SAYA INI, NAMUN TUJUAN SAYA SEBENARNYA ITU SAYA CUMAN INGIN YANG TERBAIK AJA BUAT FILM KETIKA CINTA BERTASBIH INI, YANG NANTI FILMNYA AKAN SESUAI DENGAN APA YANG DIHARAPKAN, YAITU BISA SESUAI DENGAN YANG DI NOVELNYA, ITU AJA KOK.,.,ITU SEMUA KARENA SAYA BENER – BENER CARE SAMA FILM INI.,.,SAYA BENER – BENER NGGAK BERMAKSUD UNTUK MENJELEK – JELEKKAN ATAU MERUSAK PROSES AUDISI INI..,SEMOGA HARAPAN SAYA YANG TULUS DAN IKHLAS INI AKAN TERWUJUD, TERIMA KASIH.,.,

 

7 Tanggapan to “AUDISI FILM KETIKA CINTA BERTASBIH MENGECEWAKAN…!!!”

  1. namakujuna Says:

    BAGI PECINTA NOVEL KETIKA CINTA BERTASBIH DAN CARE TERHADAP PEMBUATAN FILMNYA, SILAHKAN KASIH OPINI DAN PENDAPAT MENGENAI PROSES AUDISI YANG TELAH SAYA JABARKAN DENGAN SEJELAS-JELASNYA.,.,TERIMA KASIH.,.,

  2. akupasrah Says:

    Klo boleh tahu, punya kenalan yg lolos audisi ga?
    klo punya minta trik-triknya agar bisa lolos audisi KCB

  3. namakujuna Says:

    meskipun telat jawabnya, tapi tetep harus dijawab, maaf ya sebelumnya,saya nggak punya kenalan yang lolos, masalah trik -triknya sebenernya dari sebelum audisi saya sudah punya dan sudah saya coba semaksimal mungkin, tapi ternyata semua trik – trik maupun usaha yang saya lakukan ngga berhasil, jadi saya nggak berhak memberi trik – trik itu, jadi mohon maap bgt saya ngga bs kasih trik – trik seperti yang diminta, lagian kamu juga bisa liat kan apa aja usaha yang saya lakukan sebelum audisi.,.,?!?!?itu semua adalah trik – trik saya.,.

  4. ferdiana Says:

    aku juga ikut casting itu…
    tapi gak lolos juga..
    sejauh ini sih gak masalah,karna memang kemampuan akting masih standard..

    menyadari lah apa kekurangan n kelebihan kita…

    masalah skenarion yang tidak sesuai dengan jalan cerita novel KCB itu dikarenakan kita harus mampu menghadapi situadi sesulit apapun dalam berakting…

    dengan latar belakang n skenario yang berbeda dari novel,tentunya para juri lebih bisa menilai secara kualitas n kuantitas…

    oleh karena itu,
    kita juga harus menilai hasil keputusan juri gak cuma dari segi objektif atau subjektif saja!!
    melainkan dari segi kualitas n kuantitas kita berakting…

  5. Alde Says:

    Walau pun da terlambat bacanya..
    N wlw w gak knal syapa lu..
    W bsukur lu gak lolos.
    Dr apa yg lu jbrin td, ktauan bgt lu itu orgnya sbg bgt, angkuh, sok..
    N gada pantes2nya jd furkon.
    Sory..

  6. ashri inti fadah Says:

    Makanya jadi org jgn belagu,sombong..!!!!!!!!!!! Kualat lho..!!! SYUKURIN…………………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  7. ana Says:

    buktinya bisa dilihat sendiri kan sekarang? ternyata para pemeran KCB adalah orang2 yang benar2 mumpuni dan sesuai sekali dengan karakter tokoh seperti di novel.. :)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: